Minggu, 16 Oktober 2011

Stoner mengakhiri paceklik gelar Honda

permanadicky-prozect.blogspot.com - Casey Stoner telah mematri gelar juara dunia MotoGP di depan publik sendiri, tepat pada hari ulang tahunnya yang ke-26, Minggu (16/10/11). Dengan kemenangan kelima secara berturut-turut di Sirkuit Phillip Island, Australia, Stoner mengakhiri perburuan trofi paling bergengsi di arena balap motor tersebut.
Seperti yang sudah diduga, Stoner tak terlalu kesulitan memenangi balapan ini, karena rivalnya dari tim Yamaha, Jorge Lorenzo, tak bisa ambil bagian karena kecelakaan saat sesi pemanasan pada Minggu pagi, dan cedera tangan. Ini membuat pekerjaan Stoner menjadi sangat ringan, karena pebalap Repsol Honda tersebut hanya perlu minimal finis di urutan keenam untuk merengkuh gelar juara dunia keduanya di kelas paling bergengsi tersebut.
Meskipun demikian, Stoner tampil sangat memukau. Sejak start dari pole position, dia langsung melejit dan tak mampu dikejar oleh para rival di belakang. Stoner mengakhiri balapan 27 lap tersebut dengan keunggulan 2,210 detik atas pebalap Gresini Honda, Marco Simoncelli.
Keberhasilan ini menjadi kado yang sangat indah bagi Stoner. Trofi juara dunia merupakan hadiah hari ulang tahunnya, dan dia pun menjadi pebalap Honda pertama yang juara dunia lagi, sejak Nicky Hayden pada 2006.
Kemenangan Stoner juga mengakhiri paceklik gelar Honda, yang akhirnya menjadi juara konstruktor MotoGP 2011, meskipun balapan masih tersisa dua seri lagi. Ini tentu saja sebuah sejarah manis bagi Honda, yang menjadi juara di pengujung era 800cc - mulai musim depan, MotoGP menggunakan mesin 1.000cc.
Sepanjang MotoGP 2011, Stoner tampil sangat ciamik. Total 15 kali naik podium - hanya gagal pada seri kedua di Jerez karena kecelakaan setelah bersenggolan dengan Valentino Rossi - dan meraih sembilan kemenangan dari 11 kali pole position.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar